Pembangunan Normal Street Promenade yang telah lama ditunggu-tunggu diperkirakan akan dimulai pada bulan November setelah dewan direksi SANDAG menyetujui kontrak senilai $27,5 juta dengan Griffith Company. SANDAG dan Kota San Diego bekerja sama dalam proyek ini, dengan SANDAG menghabiskan $10,3 juta untuk menyelesaikan Eastern Hillcrest Bikeway di sepanjang University Ave. dan Jalan Biasa. sementara kontribusi kota sebesar $17,1 juta mendanai perluasan Pride Plaza menjadi taman umum linier dengan kafe troli yang telah dipugar, elemen dekoratif, taman bermain, parkir ditambah perbaikan jalan dan saluran pembuangan.
Pride Plaza, yang saat ini terdiri dari sebuah pulau kecil dengan bendera Pride, menjadi lokasi acara mingguan seperti Pasar Petani Hillcrest dan acara yang kurang rutin seperti parade Pride, vigil, dan pesta blok. Benjamin Nicholls dari Asosiasi Bisnis Hillcrest (HBA) menyatakan dalam komentar publiknya kepada Dewan Kota bahwa mobil patroli harus dikirim hanya seminggu sebelum pertemuan tanggal 9 September untuk peringatan di alun-alun yang menarik begitu banyak orang, polisi harus menutup Common Jalan.
“Ruang ini telah menjadi ruang berkumpul kami dan kami telah melampaui apa yang kami miliki sekarang,” kata Nicholls. HBA akan mengelola ruang tersebut setelah selesai.
Hillcrest, yang sangat kekurangan taman dan fasilitas umum, telah memiliki rencana untuk membangun ruang publik di Jalan Normal sejak Rencana Komunitas Uptown tahun 1988. Selama lebih dari satu dekade, kelompok komunitas Hillcrest telah mendukung perluasan kawasan di sekitar Bendera kebanggaan dengan Distrik Parkir Komunitas Uptown dan bahkan mengalokasikan $1,8 juta untuk itu.
“The Normal Street Walk juga merupakan tonggak sejarah bagi komunitas LGBTQ+ kami, menciptakan ruang dinamis yang merayakan keberagaman dan inklusi,” kata Anggota Dewan Stephen Whitburn setelah membuat mosi untuk menyetujui peningkatan anggaran sebesar $9 juta untuk proyek tersebut, yang kemudian disetujui oleh seluruh anggota dewan. dengan suara bulat setuju untuk membayar
Penduduk Hillcrest sebagian besar mendukung proyek ini, dan beberapa di antaranya khawatir akan kenaikan biaya. Kritikus kepadatan sejak lama, Mat Wahlstrom, mengatakan, “Sangat keterlaluan jika kita diminta menanggung biaya yang lebih tinggi untuk boondoggle ini.”
Dewan Kota membela kenaikan anggaran besar-besaran tersebut, dengan mengatakan bahwa anggaran proyek yang telah direncanakan sejak lama didasarkan pada perkiraan lama yang tidak mencerminkan biaya konstruksi saat ini. “Setiap proyek infrastruktur di negara ini sedang meningkat,” kata Anggota Dewan Marni von Wilpert.
Anggota Dewan Sean Elo-Rivera khawatir bahwa kontraktor mungkin mengeksploitasi lingkungan ekonomi untuk menjual terlalu mahal, namun yakin bahwa keempat penawaran yang diajukan ke SANDAG memiliki biaya yang sama. Perusahaan Griffith dianugerahi kontrak karena memberikan penawaran terendah. SANDAG dan pemerintah kota mengintegrasikan proyek tersebut daripada melakukannya secara berurutan untuk mengurangi biaya dan waktu konstruksi sambil mengerjakan ulang Normal St.
Penyeberangan pelangi di Normal St., yang juga membutuhkan upaya terus menerus selama bertahun-tahun dari staf kota, mantan anggota dewan seperti Asm. Chris Ward, dan komunitas pendukung penerapannya, akan tetap ada— hanya satu kaki pendek.
Sedangkan untuk jalur sepeda sepanjang 1,7 mil yang akan datang, mencakup tindakan menenangkan lalu lintas, trotoar dengan visibilitas tinggi, dan perluasan tepi jalan. Jalur sepeda dimulai di University Ave. di SR-163 dengan jalur sepeda penyangga sebelum membelah utara di Normal St. ke Lincoln Ave. dan selatan di Herbert St. sebelum melanjutkan ke Robinson Ave. dan Park Blvd. Jalan yang lebih kecil hanya akan memiliki marka jalur bersama sebelum jalur sepeda yang disangga dilanjutkan kembali di Park Blvd. Ruas Jalan Normal menampilkan garis-garis pelangi. “Proyek ini secara signifikan akan meningkatkan keselamatan dan infrastruktur di Hillcrest,” kata Whitburn.
Jalur sepeda menghubungkan Hillcrest dengan North Park sebagai bagian dari Program Aksi Awal Rencana Sepeda Regional yang disetujui oleh dewan SANDAG. Ini adalah segmen kedua dari empat segmen yang membentuk Proyek Jalur Sepeda Uptown yang bertujuan untuk menghubungkan Uptown, Pusat Kota, Kota Tua, Taman Utara, dan Mission Valley. Sejauh ini, hanya Fourth dan Fifth Avenue Bikeways yang sudah lengkap, sedangkan Washington Street dan Bachman Place Bikeways masih dalam tahap desain. Jalur sepeda di Mission Hills dan Kota Tua akan tersedia nanti.
SANDAG memperkirakan Normal Street Promenade akan dibuka untuk umum mulai November 2026 meski pembangunannya diperkirakan baru selesai November 2027.